Review Penguin Summer

Cover Penguin Summer

Akhirnya setelah sekian lama menunggu, light novel (atau ‘Lite Novel’ dalam bahasa penerbitnya, Shining Rose Media) Penguin Summer terbit juga di Indonesia.

Terbitnya Penguin Summer ini cukup bisa mengobati kerinduan para pecinta light novel di Indonesia yang sudah cukup lama tidak mendapati adanya light novel terjemahan (beda dengan manga yang terjemahannya banyaaak sekali).

Cerita

Namaku Higashida Takashi. Di liburan musim panas ini, teman masa kecilku yang bernama Souma Akari, mendadak memaksaku untuk pergi bersamanya ke “Gunung Shirokobe” demi mendalami legenda kota kami, yaitu “Kubinashi-sama”. 
Akan tetapi… 
Ada organisasi rahasia “Kelompok Topeng Merah” yang beraksi diam-diam di kota. 
Ada juga rumor tentang harta terpendam yang ada di gunung Shirokobe. 
Lalu, ada penguin juga…… 
Semuanya itu saling terjalin menjadi satu, dan bergerak menuju akhir yang tidak terduga.

Benar-benar sebuah cerita musim panas yang aneh……
Sinopsis di atas, kalo boleh jujur… menurut saya agak tidak jelas (dalam artian kocak). Apalagi yang kalimat “Lalu, ada penguin juga…“, apa coba maksudnya!? Hahaha… Tapi bukan masalah, karena yang penting kan ceritanya bukan sinopsisnya.
Ceritanya sendiri termasuk bagus dan unik (apalagi kalau dibandingkan dengan teenlit-teenlit Indonesia…). Tapi kalo boleh jujur lagi, cerita ini terlalu kekanakan bagi selera saya. Kisah yang sudut pandangnya bergonta-ganti ini merupakan cerita yang tentram (dalam arti tidak ada pembunuhan brutal, rencana licik, dan semacamnya, antagonisnya pun sejenis dengan Tim Roket dari Pokemon). Tapi bagaimanapun, cerita ini sangat layak dan saya rekomendasikan untuk dibaca. Ditambah lagi, ceritanya tidak memberikan jawaban eksplisit mengenai misteri-misteri yang ada, sehingga pembacanya akan mendapatkan keasyikan dalam menyimpulkan sendiri jawabannya. Tapi tenang, misterinya mudah kok, dibandingkan dengan Umineko sih.

Terjemahan

Ini dia bagian yang menarik: terjemahan. Karena light novel hampir tidak ada yang diterbitkan di Indonesia, saya amat tertarik dengan topik ini, secara tutur kalimat adalah salah satu hal terpenting bagi sebuah novel.
Secara keseluruhan, terjemahannya sudah baik. Namun masih terlalu literal dan masih agak kaku di beberapa bagian. Alangkah baiknya kalau penerjemah yang bersangkutan membaca tulisan ini (bahasa Inggris, tapi relevan). Ada juga beberapa typo yang sukses lolos dari suntingan editor, semoga saja diperbaiki di cetakan berikutnya (jika ada). Selanjutnya, entah mengapa saya merasa bahasa karakter-karakternya kurang konsisten dan kurang alami. Rasanya seperti ‘harusnya dia ngomongnya gak kayak gini!’. Dan terakhir, untuk sebuah saran praktis, mungkin akan lebih mengalir kalau imbuhan-imbuhan yang tidak perlu dihilangkan. Misal: “Pinjamkan dong!” bisa diganti menjadi “Pinjam dong!”. Begitulah.
Selain itu yang patut diapresiasi adalah penggunaan honorifik seperti -san, -sama, -chan, dan lain sebagainya yang jarang terlihat di terjemahan lain seperti manga misalnya. Menurut saya pribadi, honorifik seperti ini adalah hal yang amat vital dalam membangun mood dan menambah pengertian tentang hubungan interpersonal.

Ilustrasi

Semua ilustrasinya indah dipandang, tidak ada keluhan pada bagian ini. Tapi kalau boleh saran buat pengarang beserta illustrator dan editornya sih, sebaiknya covernya jangan menipu begitu dong. Saya kira sang cewek itu tipe cewek yang damai seperti Nagisa, tapi kenyataannya dia malah cewek hiperaktif macam Haruhi. Tokoh utamanya pun, entah mengapa sepertinya terlalu keren, seakan-akan dari dunia lain. Mungkin akan lebih baik kalau sang protagonis dibuat sedikit lebih normal. Perasaan saja.

Kesimpulan

Penguin Summer adalah LN yang layak dibaca. Ceritanya amat bagus untuk ukuran novel Indonesia (sedikit diatas rata-rata untuk ukuran internasional). Terjemahannya sudah lumayan baik namun masih ada beberapa improvisasi yang bisa dilakukan. Sementara ilustrasinya sudah amat memuaskan. Dengan harga Rp50.000, saya kira Penguin Summer sangat pantas untuk dimasukkan koleksi.

Iklan

One thought on “Review Penguin Summer

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: